Alumni Kearsipan (Ina Marga Mutia)

Ditulis oleh: Medinfo

15 July 2020

Wanita yang memiliki nama lengkap Ina Marga Mutia atau dapat disapa Mbak Ina ini lahir di Bantul, 7 Januari 1995. Beliau merupakan alumni D3 Kearsipan UGM yang telah menyelesaikan progam studinya pada tahun 2017. Beliau saat ini bekerja di Pusat Studi Energi UGM sebagai document controller.

Berawal dari rasa suka terhadap kegiatan pemberkasan dan suasana saat bekerja akhirnya membawa Mbak Ina berkeinginan untuk menempuh studi di prodi Kearsipan UGM. Sewaktu bersekolah di SMK, beliau juga pernah mendapatkan pelajaran kearsipan untuk sekretaris. Bekal yang sudah dikumpulkan saat bersekolah tersebut kemudian dikembangkan oleh Mbak Ina di jenjang perguruan tinggi.

  • Kesan selama berkuliah di Kearsipan UGM

Mbak Ina merasa senang, karena pengajaran dengan dosen professional di masing-masing mata kuliah. Fasilitas kampus yang lengkap dan mendukung mahasiswanya untuk lebih mengenal dunia kearsipan. Terdapat kunjungan study ke beberapa kota di Indonesia yang memberikan pengalaman baru yang berguna untuk observasi antara dunia kerja dan teori yang diajarkan. Selain itu, terdapat organisasi prodi (HIMADIKA) yang berguna untuk mengasah softskill mahasiswa untuk belajar mengorganisasi dan juga mengasah bakat diluar kelas kuliah.

  • Kendala selama menggeluti bidang arsip

Selama berkuliah mbak Ina merasa tidak ada kendala yang begitu besar, namun dibutuhkan peningkatan fasilitas misalnya pada layanan internet untuk menunjang pembelajaran maupun praktikum. Dengan adanya hal tersebut dapat mempermudah mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan.

  • Pesan untuk adik tingkat yang sedang dalam masa studi

Mbak Ina berpesan Ambil dan maksimalkan peluang yang ada saat berkuliah. Ikuti organisasi dan lomba-lomba bila ada. Maksimalkan jaringan pertemanan dengan prodi-prodi lain, karena akan sangat membantu dimasa depan.

  • Harapan ke depan untuk Prodi Kearsipan UGM

Mbak Ina memiliki harapan semoga Kearsipan UGM semakin menjadi yang berkualitas untuk mahasiswanya dan menjadi progam studi Kearsipan terbaik se-Indonesia.

Created by : Athiyyah Zayyan Salsabila (Litbang HIMADIKA)

Tulisan kami yang lainnya:

Magang di KEMENDES

Serunya Magang di KEMENDES Bisa bekerja di pemerintahan pusat mungkin adalah hal yang tidak mudah, tidak semua orang...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: