Alumni Kearsipan (Afifatul Faizah)

Ditulis oleh: Medinfo

18 March 2021

 

Kembali lagi dengan pengenalan alumni kearsipan UGM. Kali ini akan menceritakan tentang alumni D3 Kearsipan UGM yang lulus pada tahun 2016. Afifatul Faizah atau dapat disapa Mbak Afifa adalah seorang alumni D3 Kearsipan UGM yang lahir di Surabaya, 20 Maret 1994. Mbak Afifa telah menyelesaikan program studinya pada tahun 2016 dan saat ini bekerja sebagai pegawai di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Berawal dari rasa penasaran terhadap kearsipan membuat Mbak Afifa tertarik untuk masuk di program studi ini. Sebelumnya, prodi kearsipan terasa asing dan belum diketahui oleh banyak orang termasuk oleh Mbak Afifa. Di awal semester, Mbak Afifa pernah memikirkan untuk berpindah ke program studi lain. Namun, di semester selanjutnya menjadi titik tolak bagi beliau untuk tetap meneruskan belajar kearsipan hingga tuntas. Setelah mencoba mendalami kearsipan lebih dalam, ternyata terhadap keseruan dan hal menantang yang membuat Mbak Afifa berkeinginan untuk mempelajari kearsipan. Bahkan, bila terdapat kesempatan belajar kembali, Mbak Afifa ingin melanjutkan meneruskan studi di kearsipan UGM lagi.

  • Kesan selama berkuliah di Kearsipan UGM

Selama berkuliah di kearsipan UGM, Mbak Afifa mendapatkan kesan yang luar biasa. Terdapat berbagai ilmu baru mengenai kearsipan yang belum pernah dipelajari sebelumnya. Pembelajaran yang dilakukan oleh staff pengajar dan dosen juga sangat mendetail karena terfokus pada satu bidang studi yakni kearsipan dan tidak terbagi dengan studi lain misalnya pada perpustakaan sebagaimana yang terdapat di kampus-kampus lainnya.  Ilmu yang didapatkan pun dapat bermanfaat untuk diterapkan setelah lulus baik di tempat bekerja maupun kehidupan sehari-hari.

  • Keluh kesah yang dialami selama di bidang kearsipan

Selama pembelajaran, tidak ada kendala yang begitu besar yang dialami oleh Mbak Afifa. Proses pembelajaran di kampus dapat diikuti dengan lancar serta dipahami dengan baik. Namun, seringkali terdapat kegiatan di luar kampus yang dilaksanakan hingga sampai larut malam. Selain itu, terdapat kegiatan luar kampus yang tidak didukung dengan narasumber yang kooperatif maupun hal lainnya. Hal ini tentunya memiliki pandangan berbeda-beda bagi setiap orang. Meskipun demikian, secara keseluruhan pembelajaran kearsipan di UGM terasa menyenangkan dan ilmu yang diberikan dapat diterima dengan baik oleh Mbak Afifa saat itu.

  • Pesan untuk adik tingkat yang sedang dalam masa studi

Berikut ini pesan Mbak Afifa untuk mahasiswa kearsipan UGM saat ini yang sedang menjalani masa studi :

Buat adik-adikku sayang, bersyukurlah kalian sudah ada di tempat tumbuh yang tepat dan luar biasa. Disini, kalian bisa memilih dengan siapapun kalian tumbuh dan berkembang, sehingga manfaatkanlah kesempatan ini sebaik mungkin.  Kalian mudah belajar kesana-kemari dengan label kalian sebagai mahasiswa UGM dan prodi kearsipan.

Seraplah ilmu sebanyak-banyaknya, jangan batasi mimpi kalian, terbanglah lebih jauh dan lebih baik dari kakak-kakak kalian. Manfaatkan semua peluang belajar yang sudah disediakan oleh kampus dan prodi untuk kalian. Kepakkan sayap kalian seluas-luasnya, belajarlah sebanyak-banyaknya, serta berkontribusilah sebaik dan seluas mungkin untuk masyarakat Indonesia.

Selamat menempa diri selama proses belajar ini, hargailah dosen-dosen kalian agar berkah ilmu beliau untuk kalian semua. Ssemoga pasca kampus nanti kalianlah yang memimpin kehidupan ini agar menjadi lebih baik lagi. Amiin.

  • Harapan ke depan untuk Prodi Kearsipan UGM

Terakhir, Mbak Afifa memiliki harapan bagi prodi kearsipan ke depannya. Semoga program studi Kearsipan UGM bisa semakin baik dan berkembang lebih maju lagi dalam mendidik dan mempersiapkan arsiparis-arsiparis terbaiknya di Indonesia. Harapan ini tentunya semoga dapat terwujud kelak untuk kemajuan prodi Kearsipan UGM.

 

 

Created by : Athiyyah Zayyan Salsabila (Litbang HIMADIKA)

Tulisan kami yang lainnya:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: