Verry Mardiyanto

 

Pria kelahiran Yogyakarta, 9 Februari tahun 1993 merupakan seorang lulusan program studi kearsipan tahun 2013. Mas Very sendiri masuk prodi kearsipan lewat jalut PBUTM karena melihat ada peluang beasiswa, sehingga mendorong Mas Verry untuk memilih prodi kearsipan. Sekarang ini Mas Verry bekerja sebagai pustakawan di Perbanas Istitute di Jakarta, sebuah institusi Pendidikan tinggi. Mas very sendiri telah menyelesaikan Pendidikanya sampai jenjang S2, bulan September 2018 kemarin di UIN Sunan Kalijaga dengan jurusan Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Tentunya sebelumnya Mas Verry telah menempuh S1 extensi di Unair dengan jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan.

  • Kesan Selama Menggeluti Bidang Arsip

Pada masa saat Mas Verry sedang berkuliah, masih banyak dosen praktisi dan menurutnya hal itu sangat bagus karena materi yang didapat berdasarkan dari pengalaman dosen yang telah bekerja di bidang arsip.

  • Pesan untuk adik tingkat yang sedang dalam masa study

Jangan hanya belajar di kelas, namun juga belajar di luar kelas dengan menambahkan kompentensi diri, sikap, dan keilmuan dari berbagai kalangan. Memperdalam TOEFL dan yang terakhir belajar tentang database jaringan, karena untuk kedepanya arsip digital akan lebih dihargai.

  • Kendala selama menggeluti bidang arsip

Jika bicara arsip, pastinya akan dihadapkan dengan mengelola arsip yang begitu banyak. Jika sistem kearsipanya bagus maka mengelola akan mudah, namun jika sistemnya jelek, maka terjadi sebaliknya. Lalu untuk saat ini posisi arsip di pemerintahan dapat disi oleh siapapun tanpa melihat backgroundya, berbeda dengan posisi perpustakaan yang hanya dapat disi oleh lulusan perpustakaan.

  • Harapan kedepan untuk Prodi Kearsipan

D3 tetap bisa dipertahankan karena masih banyak lowongan CPNS yang membuka D3, lalu untuk prodi kalau bisa ada 1 atau 2 dosen yang sudah jenjang S3 dan prodi kalau bisa mengadakan kerja sama dengan Perguruan Tinggi, Lembaga, BUMN, BUMD yang ada bagian kearsipan, agar instansi-instansi tersebut mengetahui jika ada prodi Kearsipan di UGM yang tentunya mempermudah rekruitmen pegawai yang murni dari arsip.

 

Artikel oleh Litbang Himadika

%d bloggers like this: