Panduan Posting

Panduan Posting di HimadikaUGM.org

Seluruh pengurus Himadika UGM telah diberikan akun email yang telah terdaftar sebagai Author di website himadikaugm.org. Sehingga, siapa saja yang memiliki akses terhadap akun email tersebut dapat leluasa mem-posting tulisan di website Himadika. Perihal tentang email dapat dibaca disini himadikaugm.org/panduan-email. Berikut ini merupakan panduan untuk posting.

  1. Buka browser dan ketik alamat himadikaugm.org/wp-admin
  2. Pada halaman login, isikan username dan password yang sudah terdaftarkan.
  3. Setelah berhasil login, maka akan tampil halaman Dashboard. Klik menu Pos.
  4. Untuk memulai menulis, klik tombol Tambah Baru
  5. Tampilan di halaman menulis :

    Keterangan nomor dalam gambar:
    (1) Untuk menuliskan Judul Postingan
    (2) Untuk memuncukan dan menyembunyikan tambahan menu pemformatan (pewarnaan teks, strikethrough, membuat garis mendatar, menghapus format teks, memasukkan simbol, mengatur tab, undo, redo)
    (3) Untuk melihat tampilan postingan sebelum tulisan di publish
    (4) Untuk memberikan kategori pada jenis artikel/tulisan yang di publish (wajib)
    (5) Untuk menerbitkan tulisan 

Begitulah urutan mudah untuk menulis di website HIMADIKA UGM. Keberadaan website ini sangat penting untuk menunjukkan, mengenalkan, dan menjadikan manfaat dari Himadika kepada khalayak umum. Fasilitas berupa website apabila dimanfaatkan dengan baik, akan memberikan keuntungan bagi kita maupun orang lain. Beberapa fungsi website diantaranya yaitu :

  1. Menunjang eksistensi
    Website adalah media yang dapat menunjukkan identitas resmi akan keberadaan suatu komunitas/organisasi. Bagi sebuah organisasi formal, website menjadi hal yang utama untuk dimiliki, karena pada dasarnya website menjadi wadah dalam menyampaikan informasi tanpa adanya penghalang keterbatasan. Meskipun HIMADIKA memiliki sosial media resmi seperti instagram dan line, namun unsur formal hanya dimiliki oleh sebuah website. Ketika web Himadika ini aktif merilis informasi, maka segala informasi yang ada didalamnya akan termuat dalam mesin pencari, Google misalnya. Sehingga seseorang akan mengenali Himadika dan Kearsipan UGM dari keberadaan website ini.


  2. Media informasi yang valid
    Setelah diketahui oleh publik, maka tentunya publik yang ingin mengetahui lebih jauh akan informasi dan keberadaan HIMADIKA serta Kearsipan UGM akan lebih dimudahkan dengan adanya informasi yang tertulis secara formal dan valid di dalamnya, seringkali website juga kerap dijadikan rujukan utama dalam memastikan kebenaran suatu informasi. Hal ini karena website merupakan sebuah media yang minim terhadap pemalsuan/plagasi identitas. Berbeda dengan media sosial yang lebih mudah dalam pembuatan akun baru yang dibuat dengan menyerupai akun aslinya. 


  3. Sarana pengarsipan digital
    Terkadang tanpa kita sadari, selain fungsi website secara umum, website juga dapat menjadi sarana untuk penunjang pengarsipan setiap kegiatan yang terdokumentasi. Dalam hal ini dokumentasi tidak terbatas pada foto maupun video, melainkan semua bentuk media digital. Karena website memiliki kapasitas penyimpanan yang besar untuk semua jenis file.

Fungsi website tidak terbatas pada tiga hal diatas, begitu banyak manfaat yang dapat dirasakan, namun ketiga hal tersebut adalah pertimbangan pokok yang mendasari dibuatnya Official Website Himadika UGM.

Setelah mengetahui ketiga manfaat diatas, diharapkan dapat membuka kesadaran seluruh jajaran pengurus dan mahasiswa kearsipan untuk dapat lebih aktif dalam membuat tulisan informatif yang lebih bermanfaat untuk publik, terlebih mengingat diri sebagai mahasiswa Kearsipan, segala bentuk informasi terutama dalam bentuk tertulis menjadi hal yang patut untuk terus dikembangkan dan dikelola secara baik.

 

Salam Satu Atap!

-Admin