Tokoh Kearsipan (DRA. SUMARTINI)

Ditulis oleh: Medinfo

5 May 2019

Tahukah kalian kapan ditetapkannya Arsip Nasional sebagai lembaga pemerintah non departemen?

Yap, pada tahun 1967 berdasarkan Keputusan Presiden 228/1967 tanggal 2 Desember 1967, Arsip Nasional ditetapkan sebagai lembaga pemerintah non departemen yang bertanggung jawab langsung kepada presiden. Sehingga periode itu (masa kepemimpinan Drs. R. Mohammad Ali) sangat penting bagi Arsip Nasional.

Pada tahun 1970, kepemimpinan Drs. R. Mohammad Ali berakhir dan digantikan oleh Dra. Sumartini. Ada yang tahu apa keistimewaan Dra. Sumartini ini?

Dra. Sumartini adalah kepala arsip nasional wanita pertama yang pernah menjabat. Wah hebat ya! Berkat usahanya dan dibantu oleh Menteri Sekretaris Negara, Sudharmono, SH, beliau  berhasil mengeluarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1971 tentang ketentuan-ketentuan pokok kearsipan. Kita tahu bahwa Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1971 merupakan Undang-Undang pertama yang mengatur tentang kearsipan yang sebelumnya diatur oleh Peraturan Presiden No. 19 Tahun 1961.

Selain itu, pada kepemimpinan beliau juga dikeluarkannya Keputusan Presiden No. 26 Tahun 1974 menyatakan bahwa Arsip Nasional diubah menjadi Arsip Nasional Republik Indonesia yang berkedudukan di ibukota RI dan langsung bertanggung jawab kepada presiden. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) inilah yang kita kenal hingga saat ini. Dari keputusan tersebut, maka secara yuridis ANRI telah sah sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen.

 

 

Created by Litbang HIMADIKA

Tulisan kami yang lainnya:

Magang di ANRI

Magang di ANRI

Magang, satu kata yang mungkin terdengar familiar bagi banyak mahasiswa Vokasi, selain menambah pengalaman tentu saja...

WFH DAN ARSIPARIS

Beberapa dari anda yang melakukan pekerjaan dari rumah atau WFH (Work From Home) mungkin tidak mengetahi sudah berapa...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: