Himpunan Mahasiswa Prodi Kearsipan Universitas Gadjah Mada ( HIMADIKA ) bersama Komunitas Dibalik Bingkai berhasil menyelenggarakan sebuah kegiatan yang diberi nama “Ngobrol Asyik Bahas Arsip”. Kegiatan ini merupakan sebuah diskusi yang membahas lebih dalam tentang aspek-aspek apa saja yang ada di dalam Ilmu Kearsipan. Pada Tanggal 19 Januari 2019 Ngobrol Asyik Bahas Arsip #1 membahas tentang tema “Pengembangan Ilmu Kearsipan Di Indonesia Dari Aspek Akademik Dan Praktik”. Tema ini diambil seiring dengan akan dibukanya program studi D4 Kearsipan UGM. Diskusi ini diadakan di Rumah Baca Prof. Taryo yang terletak di daerah Dukuh Stan, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Prof.dr.Soetaryo, SP.A atau yang kerap di sapa Prof. Taryo merupakan seorang dokter anak, seorang guru besar, dan mantan ketua Senat Akademik UGM. Beliau memfasilitasi rumah bacanya untuk kegiatan diskusi ini, hal ini tentu menjadi semangat bagi program studi Kearsipan untuk terus mengambangkan ilmunya. Rumah baca Prof. Taryo sudah menjadi saksi bisu lahirnya tokoh-tokoh besar nasional di Indonesia. Harapan yang cukup besar pula dari diadakannya diskusi di Rumah Baca Prof. Taryo dapat memunculkan tokoh besar dari bidang Kearsipan.

Diskusi yang berlangsung kurang lebih selama dua jam ini dihadiri oleh para mahasiswa kearsipan, dosen kearsipan, alumni kearsipan, mahasiswa dari HI UNPAD, dan juga masyarakat dari Magelang. Alumni dan dosen kearsipan UGM menjadi sumber dari informasi yang ada dalam pengembangan tema yang diambil. Mahasiswa dari jurusan lain dan masyarakat awam sangat aktif dan tertarik membahas tema dalam diskusi ini. Mereka mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kearsipan di kehidupan sosial dan juga kearsipan yang sangat berkaitan pula dengan ilmu disiplin lain. Mereka menjadi sadar akan pentingnya arsip dalam aspek apapun. Ilmu kearsipan dapat ditinjau dari 3 segi yaitu, epistomologi atau pendekatan suatu objek, ontologi atau objek, dan aksiologi atau pemanfaatan yang dibutuhkan.

Kegiatan diskusi yang diselenggarakan satu bulan sekali ini dibuat dengan tujuan sebagai sarana untuk berbagi ilmu dan memecahkan beberapa kebingungan-kebingungan yang dirasakan oleh para mahasiswa dan masyarakat awam terkait ilmu kearsipan. Diskusi ini tidak terikat hanya orang-orang yang berlatar belakang kearsipan saja yang ikut bepartisipasi. Namun semua orang dari latar belakang apapun dapat mengikuti kegiatan diskusi ini. Kesan dari salah satu peserta yang hadir dalam diskusi yaitu Inggar, salah satu mahasiswa kearsipan menyampaikan bahwa diskusi ini sangat bermanfaat bagi dirinya karena dapat berbagi cerita, pengalaman, dan informasi dari alumn. Selain itu Inggar menjadi lebih tahu tentang perspektif posmo dan modernis yang sebelumnya awam diketahui olehmya. Semoga diskusi yang diselengarakan oleh HIMADIKA dapat bermanfaat bukan hanya bagi mahasiswa dan orang-orang yang berlatar belakang kearsipan namun juga untuk semua orang agar lebih memahami akan pentingnya ilmu kearsipan.

Artikel Oleh Litbang Himadika

%d bloggers like this: